7 Tips untuk Berjualan Online di Internet

7 Cara Jualan Online di Internet ~ Polithings.id (Ekonomi) Sedang merencanakan untuk memulai usaha sendiri melalui internet, namun belum memiliki pemahaman yang mendalam mengenai strategi

polithings

Bisnis online apa yg cocok untuk pemula

7 Cara Jualan Online di Internet ~ Polithings.id (Ekonomi)

Sedang merencanakan untuk memulai usaha sendiri melalui internet, namun belum memiliki pemahaman yang mendalam mengenai strategi penjualan online? Bagi para calon pebisnis, langkah awal dalam dunia bisnis mungkin terasa menantang. Apakah harus mulai dengan menjual produk di media sosial, atau perlu membuat website toko online dengan menggunakan hosting untuk WordPress?

Saat ini, peluang membuka usaha rumahan secara online memang semakin terbuka dan mudah diakses. Namun, tak dapat diabaikan bahwa persaingan dalam pasar penjualan online semakin kompetitif dari hari ke hari. Oleh karena itu, mari kita simak beberapa tips rahasia sukses dalam menjual secara online melalui artikel ini.

Bagi mereka yang masih awam dalam memulai usaha, tentu menginginkan produk yang ditawarkan dapat diminati dan terjual dengan baik. Walau begitu, bagaimana cara untuk bisa mulai berjualan online di internet? Berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mempersiapkannya.

1. Pastikan Nama Brand dan Produk yang Dijual

Memulai bisnis online dapat dimulai dari berbagai titik. Tidak ada batasan dalam menentukan jenis produk apa yang akan dijual selama tidak melanggar aturan atau membahayakan keselamatan. Lebih baik lagi jika Anda berfokus pada satu kategori produk.

Pilihlah produk yang memiliki permintaan tinggi dan merupakan kebutuhan pokok banyak orang. Misalnya, produk makanan atau barang-barang rumah tangga. Sebaiknya hindari menjual produk yang hanya tren sesaat.

Dalam memilih nama brand, sebaiknya gunakan nama yang sederhana dan mudah diingat. Anda juga bisa menambahkan deskripsi produk yang menarik menggunakan teknik penulisan atau kalimat promosi yang persuasif.

2. Tentukan Unique Selling Point

Langkah berikutnya adalah menentukan poin penjualan unik atau yang sering disebut dengan Unique Selling Point (USP). USP adalah ciri khas produk Anda yang membuatnya lebih menarik dibandingkan dengan kompetitor dan biasanya hanya menekankan satu aspek yang membedakan bisnis Anda dari yang lain.

Dengan adanya USP, Anda dapat lebih tepat mengarahkan pemasaran kepada konsumen target, sehingga proses pemasaran menjadi lebih mudah. Untuk memahami konsepnya, berikut beberapa contoh USP dari brand-brand yang sudah dikenal masyarakat luas.
– Starbucks: Berbagai pilihan kopi berkualitas premium.
– Domino’s Pizza: Pizza gratis jika pengantaran lebih dari 30 menit.
– FedEx: Jaminan pengiriman dalam semalam.
– IKEA: Memperbaiki kualitas hidup sehari-hari.

3. Terapkan Strategi Pemasaran Konten

Salah satu strategi pemasaran yang efektif adalah dengan membuat konten yang menarik. Sebagai contoh, buatlah konten yang mengulas informasi tentang produk Anda dan menghubungkannya dengan masalah yang sedang dihadapi masyarakat. Konten semacam ini memberikan solusi bagi masalah tersebut.

Strategi pemasaran konten memiliki dampak positif untuk bisnis dalam jangka panjang, terutama jika Anda mampu membangun interaksi dan hubungan yang dekat dengan audiens Anda.

4. Berjualan di E-commerce/Marketplace

Metode berjualan online ini tidak boleh dianggap sepele. Kini, masyarakat lebih cenderung memilih berbelanja di platform marketplace karena berbagai fasilitas yang disediakan. Mulai dari beragam pilihan produk, harga yang lebih terjangkau, hingga layanan pengiriman gratis.

Sama halnya seperti membuka toko fisik di pusat perbelanjaan, berjualan online di platform marketplace mengharuskan Anda membayar biaya administrasi. Biaya ini dipotong dari setiap penjualan yang berhasil. Agar laba Anda tetap maksimal, pilihlah distributor produk yang terpercaya dengan harga yang kompetitif.

5. Menerapkan Strategi Word of Mouth

Pemasaran melalui rekomendasi dari mulut ke mulut masih efektif hingga saat ini. Orang cenderung lebih percaya pada produk yang direkomendasikan oleh teman dekat atau tokoh publik yang mereka sukai. Jika memungkinkan, Anda bisa mencoba bekerja sama dengan tokoh publik untuk menerapkan strategi ini.

6. Aktif Berjualan di Media Sosial

Pemanfaatan media sosial sebagai bagian dari gaya hidup banyak orang dapat dimanfaatkan untuk mencari peluang bisnis. Salah satu cara adalah dengan memasarkan produk dan menyertakan tautan pembelian dari platform marketplace.

7. Beriklan di Mesin Pencari

Beriklan di mesin pencari memiliki dampak besar pada peningkatan penjualan. Iklan dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan target yang diinginkan. Contoh platform yang bisa digunakan adalah Google Ads dan Facebook Ads.

Dengan menerapkan langkah-langkah di atas, Anda dapat meraih kesuksesan dalam berjualan online, seperti dengan memanfaatkan website toko online, blog, platform e-commerce/ marketplace, hingga memaksimalkan potensi media sosial.

Jika Anda ingin membuat toko online, gunakanlah layanan dengan hosting yang berkualitas seperti DomaiNesia. Hosting ini sudah dilengkapi dengan domain dan SSL gratis, sehingga Anda bisa berfokus pada branding dan penyusunan strategi bisnis tanpa perlu mencemaskan keamanan akses website.

Terimakasih telah membaca 7 Cara Jualan Online di Internet, jangan lupa baca berita lainnya di Polithings.id atau bisa juga baca berita kami di Google News.

Baca juga: Apa Itu Portofolio? Berikut Pengertian, Manfaat, dan Cara Membuatnya

Avatar photo

polithings

Di Polithings, Anda dapat menemukan informasi yang akurat dan komprehensif tentang berbagai topik politik, kebijakan publik, ekonomi, dan bisnis.

Tags

Baca Juga

Tinggalkan komentar