Apindo Menyiapkan Rilis Daftar Produk yang Berhubungan dengan Israel: Membantu Klarifikasi dan Mencegah Dampak Negatif

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) sedang mempersiapkan langkah strategis dengan merilis daftar produk yang terafiliasi dengan Israel. Keputusan ini diambil sebagai respons terhadap meningkatnya aksi boikot

polithings

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia Shinta Widjaja Kamdani.

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) sedang mempersiapkan langkah strategis dengan merilis daftar produk yang terafiliasi dengan Israel. Keputusan ini diambil sebagai respons terhadap meningkatnya aksi boikot terhadap produk-produk yang diduga terhubung dengan Israel.

Ketua Umum Apindo, Shinta Kamdani, mengungkapkan niatan perilisan daftar tersebut dengan tujuan meluruskan informasi yang beredar di masyarakat. Pada konferensi pers di Hotel Four Seasons, Jakarta, pada Selasa (28/11/2023), Shinta menyatakan bahwa mereka ingin mencari data yang tepat agar masyarakat juga mengetahui masing-masing perusahaan yang diklaim memproduksi produk Israel atau tidak.

Tindakan ini diambil setelah Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengimbau umat Islam untuk menghindari transaksi dan penggunaan produk yang terafiliasi dengan Israel. Dukungan terhadap kemerdekaan Palestina dianggap sebagai kewajiban, dan MUI bahkan mengeluarkan Fatwa No.83/2023 tentang Hukum Dukungan terhadap Perjuangan Palestina.

Meski demikian, MUI tidak menyediakan daftar resmi produk yang terafiliasi dengan Israel. Hal ini menciptakan ketidakpastian, dan Shinta menyoroti dampak negatifnya terhadap produk-produk buatan Indonesia yang tidak berhubungan dengan Israel.

Contohnya, produk-produk di bawah PT Unilever Indonesia Tbk., yang telah lama beroperasi di Indonesia dan mayoritas merupakan produk dalam negeri. Shinta menjelaskan bahwa Unilever tidak berafiliasi dengan Israel. Namun, aksi boikot dari masyarakat membuatnya khawatir akan dampak besar, termasuk pengurangan tenaga kerja.

Dalam upaya memastikan keberlangsungan usaha, Apindo melakukan pengecekan tidak hanya terhadap Unilever tetapi juga anggota lainnya. Shinta mengajak anggotanya untuk melaporkan dampak dari aksi boikot terhadap keberlangsungan usaha. Dengan merilis daftar produk terafiliasi dengan Israel, Apindo berharap dapat memberikan klarifikasi yang jelas kepada masyarakat dan menghindari dampak negatif yang tidak adil terhadap perusahaan-perusahaan yang tidak terlibat dalam isu geopolitik tersebut.

Avatar photo

polithings

Di Polithings, Anda dapat menemukan informasi yang akurat dan komprehensif tentang berbagai topik politik, kebijakan publik, ekonomi, dan bisnis.

Tags

Baca Juga

Tinggalkan komentar