Bantul Siapkan Anggaran Ratusan Juta untuk Mendukung UMKM dalam Revolusi Digital

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Bantul mengumumkan rencana progresif untuk mendukung pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) melalui koneksi internet. Fokus utama dari langkah ini

polithings

Ilustrasi Bantul Siapkan Internet untuk UMKM

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Bantul mengumumkan rencana progresif untuk mendukung pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) melalui koneksi internet. Fokus utama dari langkah ini adalah membangun fasilitas jaringan Fiber Optic (FO) dan meningkatkan wifi publik di beberapa lokasi strategis.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul telah mengalokasikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sebesar Rp824 juta untuk penyediaan jaringan FO, serta Dana Keistimewaan (Danais) sebesar Rp170 juta untuk peningkatan wifi publik pada tahun 2024.

Machmud Murdiyanto, Subkoordinator Kelompok Substansi Infrastruktur Teknologi Informasi Pemerintah Diskominfo Bantul, menjelaskan bahwa penambahan fasilitas FO dan wifi publik bertujuan meningkatkan perekonomian masyarakat, terutama pelaku UMKM di Bantul. Menurutnya, penyediaan jaringan FO dan wifi publik sangat penting bagi UMKM agar literasi digital dapat terlaksana melalui pembangunan infrastruktur jaringan internet.

Saat ini, jaringan FO belum merata di setiap kalurahan. Diskominfo Bantul berkomitmen untuk memperluas jaringan FO agar dapat diakses di setiap kalurahan. Selain itu, wifi publik juga telah aktif di beberapa lokasi yang menjadi sentral pemasaran pelaku UMKM. Terdapat enam lokasi yang telah dilengkapi dengan wifi publik, seperti Pasar Seni Gabusan (PSG), Lapangan Paseban, Taman Milenial, Taman Adipura, Joglo Parangtritis, dan Lapangan Trirenggo.

Machmud menegaskan bahwa keberadaan wifi publik di tingkat kapanewon dan kalurahan, terutama di sentra UMKM, akan mendukung pelaku UMKM dalam mengembangkan bisnis dan produknya. Meskipun penambahan jaringan FO dan wifi publik masih dalam tahap perencanaan, langkah ini diharapkan dapat menjadi pendorong utama dalam mendukung pengembangan UMKM di Bantul melalui pemanfaatan teknologi informasi yang lebih luas.

Avatar photo

polithings

Di Polithings, Anda dapat menemukan informasi yang akurat dan komprehensif tentang berbagai topik politik, kebijakan publik, ekonomi, dan bisnis.

Tags

Baca Juga

Tinggalkan komentar