Jokowi Memberikan Tanggapan Terhadap Pernyataan Rencana Mundurnya Mahfud MD sebagai Menko Polhukam

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan tanggapan terkait niatan Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mohammad Mahfud Md untuk mundur dari kabinet. Pernyataan

polithings

Presiden Joko Widodo dalam acara penyerahan Pesawat C-130J-30 Super Hercules di Lanud Halim Perdanakusuma

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan tanggapan terkait niatan Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mohammad Mahfud Md untuk mundur dari kabinet. Pernyataan tersebut diungkapkan oleh Mahfud dalam diskusi Tabrak Prof di Semarang, Jawa Tengah, pada Selasa malam.

“Ya itu hak (Pak Mahfud) dan saya sangat menghargai,” kata Jokowi kepada wartawan usai Penyerahan Pesawat A-1344, Helikopter Fennec, dan Helikopter Panther Tahun 2024 di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Rabu.

Dalam diskusi tersebut, Mahfud mengungkapkan bahwa rencananya untuk mundur dari Kabinet Indonesia Maju sudah dia pertimbangkan sejak lama, bahkan sebelum debat pertama dimulai. Alasannya, Mahfud ingin lebih leluasa membuka dan mengungkapkan data ke publik terkait kepentingannya sebagai calon wakil presiden, mendampingi calon presiden Ganjar Pranowo.

Namun, Mahfud juga menegaskan bahwa ada beberapa pertimbangan etika yang membuatnya menunda keputusan tersebut. Ia ingin menghormati Presiden Jokowi yang telah memberikan kepercayaan kepadanya sebagai Menko Polhukam.

“Saya dahulu diangkat oleh beliau dengan sangat terhormat, dengan penuh kepercayaan kepada beliau sebagai presiden rakyat,” ujar Mahfud.

Menurut Mahfud, saat ini ia masih menunggu waktu yang tepat atau “timing” yang sesuai untuk mundur dari jabatan Menko Polhukam. Dalam keterangannya, Mahfud menyatakan bahwa keputusannya tidak akan menyinggung pihak manapun, khususnya Presiden Jokowi.

Pernyataan Mahfud tersebut telah menciptakan antisipasi dan menjadi sorotan publik terkait dinamika politik di Indonesia. Walaupun belum ada kepastian kapan Mahfud akan mengundurkan diri, namun pernyataannya ini telah menarik perhatian banyak pihak terkait arah politik yang akan diambil oleh Mahfud dalam waktu mendatang.

Terimakasih telah membaca Jokowi Tanggapi Pernyataan Rencana Mahfud MD Mundur dari Menko Polhukam, semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa baca berita lainnya di Polithings.id atau bisa juga baca berita kami di Google News Headline dan ikuti berita terbaru di Chanel WA Headline.

Baca juga: Presiden Jokowi Saksikan Serah Terima Pesawat Super Hercules: Langkah Strategis Kemenhan.

Avatar photo

polithings

Di Polithings, Anda dapat menemukan informasi yang akurat dan komprehensif tentang berbagai topik politik, kebijakan publik, ekonomi, dan bisnis.

Tags

Baca Juga

Tinggalkan komentar