Kedatangan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di Indonesia: Imigrasi Menjamin Tidak Ada Perlakuan Istimewa

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo Tiba di Indonesia: Imigrasi Pastikan Tidak Ada Perlakuan Khusus ~ Polithings.id (Jakarta). Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta,

polithings

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo berjalan keluar setibanya dari luar negeri di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo Tiba di Indonesia: Imigrasi Pastikan Tidak Ada Perlakuan Khusus ~ Polithings.id (Jakarta). Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta, Muhammad Tito Andrianto, angkat bicara terkait kedatangan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL), di Indonesia pada Rabu, 4 Oktober 2023. Dalam keterangannya, Tito menegaskan bahwa tidak ada perlakuan khusus yang diberikan kepada SYL selama proses kedatangannya.

“Tidak ada perlakuan khusus dari petugas, semua menjalankan standar pemeriksaan sesuai dengan ketentuan sebagaimana mestinya,” kata Tito dengan tegas di Jakarta, Rabu malam.

Tito menjelaskan bahwa proses pemeriksaan keimigrasian terhadap SYL dilakukan sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang berlaku di Imigrasi Soekarno-Hatta. Sebelumnya, Syahrul Yasin Limpo tiba di Jakarta pada pukul 18:00 WIB dengan menggunakan pesawat Singapore Airlines (SQ 964).

“Kami telah menerima informasi kedatangan Syahrul Yasin Limpo dan memberikan instruksi kepada petugas di Tempat Pemeriksaan Imigrasi untuk melakukan proses pemeriksaan keimigrasian sesuai standar yang berlaku,” ujarnya Tito.

Dia juga memberikan detail bahwa SYL turun melalui gate 8 untuk menuju area Tempat Pemeriksaan Imigrasi Terminal 3 Kedatangan Internasional. Proses pemeriksaan keimigrasian dilakukan pada pukul 18:41 WIB melalui konter WNI bernomor 1. Hasilnya, pada saat pemeriksaan keimigrasian, status cekal SYL adalah “NO HIT” (berwarna hijau yang berarti tidak cekal), dan SYL diberikan tanda masuk wilayah Indonesia.

Setelah selesai pemeriksaan keimigrasian, Syahrul Yasin Limpo bergerak menuju area pengambilan bagasi. Tito menekankan bahwa pemeriksaan keimigrasian terhadap WNI telah diatur di dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor 44 Tahun 2015 tentang Tata Cara Pemeriksaan Masuk dan Keluar Wilayah Indonesia di Tempat Pemeriksaan Imigrasi.

Sebagai catatan, Mentan Syahrul Yasin Limpo berangkat ke Italia bersama dengan 22 delegasi Kementerian Pertanian pada tanggal 24 September 2023. Dia meninggalkan Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Banten, pada tanggal tersebut, transit di Doha, Qatar, sebelum melanjutkan perjalanannya ke Roma, Italia.

Walaupun awalnya dijadwalkan tiba di Indonesia pada Sabtu (30/9), pihak Kementerian Pertanian sempat kehilangan kontak dengan Syahrul Yasin Limpo hingga akhirnya beliau dikabarkan tiba di Jakarta pada tanggal yang sama.

Pada catatan terpisah, Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Silmy Karim, juga mengonfirmasi bahwa Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo telah terdeteksi masuk ke Imigrasi Indonesia pada Rabu petang.

Sebelumnya, pada Jumat, 29 September 2023, Penyidik KPK mengumumkan bahwa status kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian telah ditingkatkan ke tahap penyidikan.

Avatar photo

polithings

Di Polithings, Anda dapat menemukan informasi yang akurat dan komprehensif tentang berbagai topik politik, kebijakan publik, ekonomi, dan bisnis.

Tags

Baca Juga

Tinggalkan komentar