Kemenaker Mendukung Peningkatan Upah Minimum 2024 Sesuai dengan PP No.51/2023

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) telah mengumumkan bahwa upah minimum tahun 2024 akan mengalami kenaikan. Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, mengonfirmasi hal ini berdasarkan Peraturan Pemerintah No.51/2023 tentang

polithings

Berapa Kenaikan Upah Minimum 2024

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) telah mengumumkan bahwa upah minimum tahun 2024 akan mengalami kenaikan. Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, mengonfirmasi hal ini berdasarkan Peraturan Pemerintah No.51/2023 tentang pengupahan.

Peraturan ini merupakan revisi dari PP No.36/2021 tentang Pengupahan dan mulai berlaku pada 10 November 2023. Menaker Ida Fauziyah menjelaskan bahwa kenaikan upah minimum untuk tahun 2024 ditentukan melalui penerapan Formula Upah Minimum dalam PP No.51/2023. Formula ini mencakup tiga variabel utama, yaitu inflasi, pertumbuhan ekonomi, dan indeks tertentu.

Indeks tertentu ini ditentukan oleh Dewan Pengupahan Daerah dengan mempertimbangkan tingkat penyerapan tenaga kerja, rata-rata atau median upah, serta faktor-faktor yang relevan dengan kondisi ketenagakerjaan. Tujuan dari penggunaan ketiga variabel ini adalah untuk menciptakan keseimbangan dalam kondisi ekonomi dan ketenagakerjaan di suatu daerah.

Menaker Ida Fauziyah juga menegaskan bahwa regulasi baru ini memperkuat peran Dewan Pengupahan Daerah. Mereka bertanggung jawab memberikan saran dan pertimbangan kepada Kepala Daerah terkait penerapan upah minimum, struktur, dan skala upah di perusahaan di wilayah masing-masing.

Kenaikan upah minimum diharapkan dapat mendorong peningkatan daya beli masyarakat dan membuka peluang terciptanya lapangan kerja baru. Selain itu, PP No.51/2023 juga bertujuan untuk mencegah disparitas upah antar wilayah.

Dalam PP ini juga diatur bahwa penetapan Upah Minimum Provinsi harus dilakukan paling lambat tanggal 21 November 2023, sementara Upah Minimum Kabupaten/Kota ditetapkan pada tanggal 30 November 2023.

Regulasi ini diharapkan dapat menciptakan kepastian berusaha bagi dunia usaha dan industri, serta mewujudkan sistem pengupahan yang adil di perusahaan dengan penerapan struktur dan skala upah.

Sumber: Polithings.id

Avatar photo

polithings

Di Polithings, Anda dapat menemukan informasi yang akurat dan komprehensif tentang berbagai topik politik, kebijakan publik, ekonomi, dan bisnis.

Tags

Baca Juga

Tinggalkan komentar