Mencari Kartu Kredit? Berikut 8 Pilihan Kartu Kredit Terbaik di Indonesia

Cari Credit Card? Ini 8 Rekomendasi Kartu Kredit Terbaik di Indonesia Di tengah pesatnya perkembangan teknologi, transaksi ekonomi kini semakin praktis dengan berbagai pilihan pembayaran

polithings

Ilustrasi Kartu Kredit

Cari Credit Card? Ini 8 Rekomendasi Kartu Kredit Terbaik di Indonesia

Di tengah pesatnya perkembangan teknologi, transaksi ekonomi kini semakin praktis dengan berbagai pilihan pembayaran non-tunai. Salah satu metode yang populer adalah penggunaan kartu kredit. Menurut Bank Indonesia, kartu kredit, dikenal sebagai Alat Pembayaran Menggunakan Kartu (APMK), menjadi sarana yang efisien untuk memenuhi kewajiban pembayaran yang timbul dari berbagai aktivitas ekonomi, termasuk transaksi belanja dan penarikan tunai.

Proses pembayaran dengan kartu kredit melibatkan acquirer, yang biasanya merupakan bank, yang pertama kali memenuhi kewajiban pembayaran. Pemegang kartu kredit kemudian memiliki tanggung jawab untuk melunasi kewajiban tersebut dalam waktu yang telah disepakati, baik secara langsung maupun dengan skema angsuran.

Meskipun penggunaan kartu kredit memberikan kemudahan dalam bertransaksi, perlu diingat bahwa ada risiko tertentu yang dapat timbul dari penggunaannya. Oleh karena itu, pemilihan kartu kredit terbaik, terutama bagi pemula, menjadi langkah penting sebelum mengajukan permohonan ke bank tertentu.

Bank Indonesia memberikan panduan bagi calon pemegang kartu kredit pemula, dengan beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat keputusan untuk apply kartu kredit, di antaranya:

1. Tingkat Bunga: Pemegang kartu kredit perlu memahami dan memperhatikan tingkat bunga yang akan dikenakan. Rincian mengenai bunga tersebut dapat mempengaruhi total pembayaran yang harus dilakukan, sehingga pemilihan kartu dengan tingkat bunga yang bersaing menjadi kunci.

2. Biaya dan Denda: Besaran biaya administrasi dan denda atas keterlambatan pembayaran juga perlu diperhatikan. Memilih kartu kredit yang memiliki biaya yang masuk akal dan denda yang wajar akan menghindarkan pemegang kartu dari beban keuangan yang tidak perlu.

3. Perhitungan Minimum Pembayaran: Penting untuk memahami perhitungan minimum pembayaran yang harus dilunasi setiap bulannya. Pemegang kartu perlu memastikan bahwa mereka dapat memenuhi kewajiban pembayaran minimum untuk menghindari konsekuensi yang tidak diinginkan.

4. Fitur Keamanan dan Kenyamanan: Fitur keamanan, seperti konfirmasi melalui SMS saat bertransaksi, serta fitur kenyamanan dalam melakukan pembayaran, seperti metode pembayaran yang beragam, menjadi pertimbangan penting. Pemilihan kartu kredit yang menawarkan fitur-fitur ini akan memberikan pengalaman bertransaksi yang lebih aman dan nyaman.

Penting untuk dicatat bahwa kartu kredit terbaik untuk pemula dapat bervariasi berdasarkan limit, fungsi, wilayah berlakunya, dan afiliasi. Oleh karena itu, calon pemegang kartu disarankan untuk melakukan riset mendalam sebelum mengambil keputusan agar dapat memilih kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan dan profil keuangan mereka. Dengan memperhatikan panduan dari Bank Indonesia, diharapkan pemilihan kartu kredit yang tepat dapat memberikan manfaat maksimal bagi pemegangnya.

Pemilihan kartu kredit yang sesuai bagi pemula menjadi langkah penting untuk memulai perjalanan keuangan dengan bijak. Berbagai bank menawarkan opsi menarik dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sebelum membuat keputusan, penting untuk memahami fitur, besaran bunga, dan potongan per bulan agar keuangan Anda tetap terkendali.

Salah satu rekomendasi kartu kredit terbaik untuk pemula adalah BNI American Express Card. Dengan syarat usia minimal 21 tahun dan penghasilan Rp36 juta per tahun, kartu ini memberikan sejumlah keunggulan, seperti dapat digunakan di lebih dari 32 juta merchant di seluruh dunia melalui jaringan JCB International, mendapatkan BNI Rewards Point setiap transaksi senilai Rp2.500 dengan BNI American Express Vibe Card, double BNI Reward Points untuk transaksi online, dan masih banyak lagi.

Bank Mega juga menawarkan sejumlah keunggulan dengan kartu kredit mereka, seperti akses eksklusif ke berbagai program diskon, diskon 50% di berbagai merchant yang bekerja sama, cicilan 0 persen hingga 48 bulan, dan masih banyak lagi.

Selain itu, ada juga pilihan kartu kredit dari BRI, BCA,

Avatar photo

polithings

Di Polithings, Anda dapat menemukan informasi yang akurat dan komprehensif tentang berbagai topik politik, kebijakan publik, ekonomi, dan bisnis.

Tags

Baca Juga

Tinggalkan komentar