Pemprov Sulawesi Barat Berambisi Mencapai Pertumbuhan Ekonomi 5,1 Persen pada 2024

Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Pemprov Sulbar) telah menetapkan target pertumbuhan ekonomi sebesar 5,1 persen pada tahun 2024 dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sekretaris Daerah (Sekda)

polithings

Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Barat Muhammad Idris menetapkan target pertumbuhan ekonomi Sulbar hingga 5,1 persen pada 2024

Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Pemprov Sulbar) telah menetapkan target pertumbuhan ekonomi sebesar 5,1 persen pada tahun 2024 dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulbar, Muhammad Idris, mengungkapkan, “Pada APBD 2024 mendatang, akan dialokasikan untuk peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah agar dapat mencapai target 5,1 persen.” Hal ini disampaikan di Mamuju pada hari Kamis.

Selain menargetkan pertumbuhan ekonomi, Pemprov Sulbar juga berkomitmen untuk mengurangi tingkat kemiskinan hingga mencapai 10,24 persen. Upaya ini sejalan dengan usahanya untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) menjadi 69,36 persen, menekan angka pengangguran terbuka hingga 3,04 persen, dan mencapai Indeks Gini Rasio sebesar 0,351.

“Pemprov Sulbar berusaha keras untuk mencapai semua target pembangunan ini dengan fokus pada peningkatan ekonomi yang inklusif dan peningkatan daya saing sumber daya manusia (SDM),” tambah Idris.

Lebih lanjut, Idris menjelaskan bahwa rencana pembangunan tahun 2024 akan memprioritaskan kebutuhan masyarakat dan proyek-proyek yang dianggap paling penting untuk membangun ekonomi yang efisien dan efektif.

Dalam hal keuangan, Idris mencatat bahwa APBD Sulbar pada tahun 2023 memiliki surplus anggaran sebesar Rp99 miliar, yang akan digunakan untuk pembiayaan daerah, termasuk pembayaran cicilan pokok utang sebesar Rp99 miliar.

Pendapatan daerah pada APBD 2023 telah ditargetkan sebesar Rp2,21 triliun, sementara target belanja mencapai Rp2,11 triliun dengan penambahan sekitar Rp36,8 miliar. “Anggaran pembangunan pada tahun 2023 telah digunakan untuk memajukan ekonomi dan meningkatkan SDM,” tambah Idris.

Dengan komitmen dan rencana pembangunan yang kuat, Pemprov Sulawesi Barat berharap dapat mencapai pertumbuhan ekonomi yang signifikan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat di daerah tersebut pada tahun 2024.

Avatar photo

polithings

Di Polithings, Anda dapat menemukan informasi yang akurat dan komprehensif tentang berbagai topik politik, kebijakan publik, ekonomi, dan bisnis.

Tags

Baca Juga

Tinggalkan komentar