Pengamat Menilai Capres Belum Mencakup Isu Kesejahteraan Setelah Debat Kelima

Pada tanggal 5 Februari 2024, Debat Kelima Calon Presiden Pemilu 2024 di Jakarta menghasilkan pernyataan menarik dari Dewi Rahmawati, seorang pengamat dan peneliti bidang sosial.

polithings

Calon Presiden Sedang Melakukan Debat Ke Lima

Pada tanggal 5 Februari 2024, Debat Kelima Calon Presiden Pemilu 2024 di Jakarta menghasilkan pernyataan menarik dari Dewi Rahmawati, seorang pengamat dan peneliti bidang sosial. Menurutnya, program kerja yang disampaikan oleh ketiga calon presiden masih belum memadai dalam menjawab permasalahan dasar terkait kesejahteraan rakyat. Dewi Rahmawati, yang merupakan pengamat dari The Indonesian Institute Research (TII), mengkritik ketidaklengkapannya program-program tersebut, terutama dalam memenuhi hak kebutuhan dasar individu.

Dalam tanggapannya terhadap Debat Kelima Capres, Dewi menyatakan bahwa program-program yang disampaikan oleh ketiga calon presiden belum sepenuhnya menjawab pertanyaan dasar terkait kesejahteraan. Salah satu permasalahan yang dianggap terlupakan adalah pemenuhan hak kebutuhan dasar individu, seperti stabilitas harga pangan, ketersediaan rumah yang terjangkau, dan peningkatan daya beli masyarakat. Dewi juga menekankan pentingnya kebijakan perlindungan sosial, terutama dalam hal kesehatan dan jaminan hari tua.

Dewi menyatakan bahwa peningkatan kesejahteraan membutuhkan kerja sama antara negara dan masyarakat sipil. Menurutnya, masalah ini tidak dapat diselesaikan hanya dengan keterlibatan negara, tetapi juga memerlukan dukungan aktif dari masyarakat sipil.

Dalam konteks pendidikan, Dewi menyoroti pentingnya langkah-langkah konkret yang dilakukan oleh presiden terpilih. Dia menekankan perlunya pemetaan masalah dengan melibatkan pihak-pihak terkait agar kebijakan yang diambil dapat merangkul seluruh lapisan masyarakat. Dewi menganggap tidak adil jika permasalahan kesejahteraan pendidik di perguruan tinggi hanya dibandingkan dengan pendidik atau guru di tingkat sekolah.

Dalam Pilpres 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga pasangan calon, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Dengan kampanye yang berlangsung hingga 10 Februari 2024, masyarakat menantikan jawaban konkret dari para calon presiden terkait isu-isu mendasar kesejahteraan rakyat. Setelah masa kampanye, masa tenang akan berlangsung pada 11-13 Februari 2024, sebelum pemungutan suara serentak pada 14 Februari 2024.

Terima kasih telah membaca artikel “Usai Debat Ke 5, Pengamat Nilai Semua Capres Belum Menyentuh Persoalan Kesejahteraan”. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca berita lainnya di Polithings.id atau kunjungi berita kami di Google News Headline dan ikuti berita terbaru di Chanel WA Headline.

Avatar photo

polithings

Di Polithings, Anda dapat menemukan informasi yang akurat dan komprehensif tentang berbagai topik politik, kebijakan publik, ekonomi, dan bisnis.

Tags

Baca Juga

Tinggalkan komentar