Peringatan Hari Batik Nasional Dibuka oleh Presiden Jokowi di Istana Berbatik

Presiden Jokowi Membuka Istana Berbatik untuk Peringati Hari Batik Nasional ~ Polithings.id (Jakarta). Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo secara resmi membuka pagelaran

polithings

Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Iriana Joko Widodo secara resmi membuka pagelaran Istana Berbatik yang digelar di halaman depan Istana Merdeka

Presiden Jokowi Membuka Istana Berbatik untuk Peringati Hari Batik Nasional ~ Polithings.id (Jakarta).

Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo secara resmi membuka pagelaran “Istana Berbatik” di halaman depan Istana Merdeka, Jakarta, pada Minggu malam, 1 Oktober 2023. Acara ini digelar dalam rangka menyambut Hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober. Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk berpartisipasi dalam melestarikan dan mengembangkan seni budaya Indonesia yang kaya.

Baca juga: Tragedi di Unires UMY: Mahasiswi Tewas Terjatuh dari Lantai 4 Asrama Putri

“Saya mengajak masyarakat Indonesia untuk menumbuhkan kebanggaan pada kekayaan seni dan budaya Indonesia serta aktif melestarikan dan mengembangkannya,” ujar Presiden Jokowi.

Presiden juga menggarisbawahi betapa pentingnya batik sebagai bagian dari karya seni dan warisan budaya tak benda Indonesia. Menurutnya, batik memiliki simbol, teknik, dan budaya yang mencerminkan Indonesia.

“Bangsa Indonesia patut bersyukur memiliki batik yang bukan hanya sebagai karya seni biasa tetapi merupakan warisan budaya tak benda dunia dengan simbolisme, teknik, dan budaya yang sangat melekat dengan Indonesia,” tambah Presiden Jokowi.

Baca juga: Ini Tangapan UMY Terkait Dugaan Mahasiswi Bunuh Diri Lompat dari Asrama Lantai 4

Seluruh tamu undangan yang menghadiri Istana Berbatik tampil memukau dengan mengenakan pakaian batik yang menampilkan beragam motif dan corak dari berbagai daerah di Indonesia. Presiden Jokowi memilih mengenakan batik parang barong seling kembang udan riris, sementara Ibu Iriana terlihat anggun dalam atasan batik motif truntum yang dipadukan dengan bawahan batik motif parang.

Acara ini juga dihadiri oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Ibu Wury Ma’ruf Amin, para ketua lembaga negara, para Menteri Kabinet Indonesia Maju, duta besar negara sahabat, gubernur, serta para penggiat seni di Tanah Air.

Baca juga: Komisi I DPR RI dan Pemerintah Setujui Pengesahan Traktat Pelarangan Senjata Nuklir

Istana Berbatik tidak hanya menjadi perayaan budaya, tetapi juga merupakan momen untuk merayakan identitas bangsa Indonesia yang kaya akan seni dan budaya, dengan batik sebagai salah satu manifestasi terindah dari kekayaan tersebut. Presiden Jokowi berharap bahwa perayaan ini akan terus memupuk rasa cinta dan kebanggaan terhadap warisan budaya bangsa dan mendorong semua lapisan masyarakat untuk menjaga, melestarikan, dan mengembangkan kearifan lokal yang dimiliki Indonesia.

Terimakasih telah membaca Presiden Jokowi Membuka Istana Berbatik untuk Peringati Hari Batik Nasional jangan lupa baca berita lainnya di Polithings.id atau bisa juga baca berita kami di Google News.

Baca juga: Kasus Korupsi BTS 4G ke DPR dan BPK: Rekaman CCTV Menghilang, Kejagung Terus Kumpulkan Bukti

Avatar photo

polithings

Di Polithings, Anda dapat menemukan informasi yang akurat dan komprehensif tentang berbagai topik politik, kebijakan publik, ekonomi, dan bisnis.

Tags

Baca Juga

Tinggalkan komentar