PJ Gubernur Papua yang Jadi Korban Pelemparan akan Dievakuasi ke RSPAD Jakarta untuk Mendapatkan Perawatan Intensif

PJ Gubernur Papua, Ridwan Rumasukun, akan segera diterbangkan ke RSPAD Gatot Soebroto di Jakarta untuk mendapatkan perawatan medis intensif. Ini menyusul cedera yang dideritanya dalam

polithings

Tangkapan Layar Kericuhan di Papua

PJ Gubernur Papua, Ridwan Rumasukun, akan segera diterbangkan ke RSPAD Gatot Soebroto di Jakarta untuk mendapatkan perawatan medis intensif. Ini menyusul cedera yang dideritanya dalam insiden pelemparan saat prosesi pemakaman mantan Gubernur Papua Lukas Enembe. Kejadian ini berlangsung pada Kamis, 28 Desember 2023, saat jenazah Enembe dibawa dari Bandara Sentani menuju Gedung STAKIN di Kabupaten Jayapura.

Dalam sejumlah rekaman video dan foto yang beredar, terlihat Rumasukun mengalami luka di wajah. Lebih lanjut, dia juga didiagnosis dengan cedera pada rusuk yang membutuhkan penanganan medis serius. “Kondisi beliau saat ini stabil, namun kami menemukan adanya gangguan di rusuk. Oleh karena itu, akan dilakukan evakuasi ke RSPAD Jakarta untuk perawatan lebih lanjut,” ungkap Kapolda Papua, Irjen Mathius D. Fakhiri, di Jayapura, pada Kamis malam.

Peristiwa ini terjadi di tengah suasana berkabung atas kepergian Lukas Enembe, yang meninggal akibat gagal ginjal di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, pada Selasa, 26 Desember 2023. Fakhiri menyatakan rasa kesalannya atas kejadian tersebut, menekankan betapa disayangkannya tindakan tak terpuji yang muncul di saat berkabung.

Kedatangan jenazah Enembe di Jayapura pada Kamis pagi disambut oleh ribuan orang. Namun, ketegangan meningkat saat prosesi menuju Gedung STAKIN Sentani, menyebabkan kerusuhan yang melukai sejumlah orang, termasuk Ridwan Rumasukun. Kericuhan berlanjut di Waena, Distrik Heram, Kota Jayapura, di mana rombongan pengarak jenazah terlibat dalam aksi pembakaran yang menyebabkan kerusakan pada 25 rumah dan kios.

Insiden ini telah menarik perhatian nasional, dan pihak berwenang sedang melakukan penyelidikan lebih lanjut. Keamanan di Jayapura dan sekitarnya diperketat pasca-kejadian ini, sambil menunggu hasil investigasi yang akan menentukan langkah-langkah selanjutnya.

Terimakasih telah membaca Jadi Korban Pelemparan, PJ Gubernur Papua Akan Di Evakuasi ke RSPAD Jakarta Untuk Perawatan Intensif semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa baca berita lainnya di Polithings.id atau bisa juga baca berita kami di Google News Headline dan ikuti berita terbaru di Chanel WA Headline.

Baca juga: Penemuan Mayat Membusuk di Bampanglipuro Bantul, Diperkirakan Meninggal 4 hari yang lalu.

Avatar photo

polithings

Di Polithings, Anda dapat menemukan informasi yang akurat dan komprehensif tentang berbagai topik politik, kebijakan publik, ekonomi, dan bisnis.

Tags

Baca Juga

Tinggalkan komentar