Prabowo: Anies Dikritik atas Pelanggaran Etik, Anda Tidak Layak Membahas Etika

Suasana debat calon presiden di Istora Senayan, Jakarta, pada Minggu malam, 7 Januari 2024, menjadi panas saat Anies Baswedan, salah satu kandidat, mengangkat isu etika

polithings

Foto Anies dan Prabowo dalam Debat Capres Ke 3

Suasana debat calon presiden di Istora Senayan, Jakarta, pada Minggu malam, 7 Januari 2024, menjadi panas saat Anies Baswedan, salah satu kandidat, mengangkat isu etika dan integritas dalam kepemimpinan, menyoroti rekam jejak Prabowo Subianto, Menteri Pertahanan dan rivalnya dalam pemilihan presiden.

Anies Baswedan menekankan pentingnya standar etika yang tinggi bagi seorang presiden, terutama yang berkaitan dengan nyawa manusia. Ia mengungkapkan bahwa menjadi presiden atau panglima tertinggi membutuhkan standar etika yang amat tinggi dalam konteks pengambilan keputusan yang berdampak pada banyak orang.

Selanjutnya, Anies Baswedan menyuarakan kekhawatiran terkait dugaan pelanggaran etika yang terjadi selama kepemimpinan Prabowo di Kementerian Pertahanan. Beberapa kasus yang disebutkan termasuk isu dalam pengadaan alutsista di PT Teknologi Militer Indonesia dan Indonesia Defence Security, serta proyek food estate. Anies juga menyinggung catatan etika dari calon wakil presiden yang dipilih Prabowo.

Tanggapan Prabowo Subianto terhadap tuduhan ini cukup tegas. Ia membantah semua tuduhan tersebut dan menantang untuk membuka data dan fakta terkait. Prabowo mengklaim bahwa semua data yang disampaikan Anies Baswedan tidak benar dan ia siap untuk membuka semua informasi yang diperlukan.

Prabowo juga mengkritik Anies Baswedan dengan menyatakan bahwa Baswedan tidak layak berbicara tentang etika. Menurut Prabowo, Baswedan sendiri tidak memberikan contoh yang baik dalam hal etika.

Tanggapan Prabowo ini memicu reaksi keras dari pendukung kedua kandidat, sehingga moderator debat harus mengingatkan penonton untuk mematuhi peraturan dan menjaga ketertiban. Meskipun terjadi ketegangan, debat dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara Prabowo dan kandidat lain, Ganjar Pranowo.

Insiden ini menjadi salah satu momen paling dramatis dalam rangkaian debat pemilihan presiden tahun ini, yang menyoroti perbedaan pendapat yang tajam antara kandidat-kandidat mengenai isu etika dan integritas dalam kepemimpinan politik Indonesia.

Avatar photo

polithings

Di Polithings, Anda dapat menemukan informasi yang akurat dan komprehensif tentang berbagai topik politik, kebijakan publik, ekonomi, dan bisnis.

Tags

Baca Juga

Tinggalkan komentar