PT JBB Mempercepat Pembangunan Jembatan di Atas Selokan Mataram untuk Tol Jogja-Bawen

PT JBB Kebut Kontruksi Jembatan di Atas Selokan Mataram Untuk Tol Jogja-Bawen ~ Polithings.id (Ekonomi). PT Jasamarga Jogja Bawen (JJB) telah mencapai pencapaian yang signifikan

polithings

Pekerjaan konstruksi jembatan jalan tol Jogja Bawen di atas Selokan Mataram, baik Elevated 1

PT JBB Kebut Kontruksi Jembatan di Atas Selokan Mataram Untuk Tol Jogja-Bawen ~ Polithings.id (Ekonomi). PT Jasamarga Jogja Bawen (JJB) telah mencapai pencapaian yang signifikan dalam proyek pembangunan Tol Jogja Bawen Seksi 1 pada Agustus 2023. Menurut laporan terbaru, progres konstruksi mencapai 53,66%, sementara progres pembebasan lahan telah mencapai 76,46%. Saat ini, fokus utama proyek ini adalah pada pembangunan jembatan di atas Selokan Mataram.

Baca juga: Manjakan Nasabahnya, BRI Cabang Purworejo Mendapat Apresiasi dari Nasabahnya

Direktur Utama PT Jasamarga Jogja Bawen (JJB), A.J. Dwi Winarsa, menjelaskan bahwa setelah mendapatkan izin sementara untuk pemanfaatan tanah dari Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat, proyek ini telah memaksimalkan pekerjaan konstruksi di lahan yang sudah bebas. Salah satu titik fokus konstruksi saat ini adalah Jembatan Kali Sangu Banyu di STA. 72+950 yang berlokasi di Kalurahan Margokaton, Seyegan.

Selain itu, konstruksi jembatan tol Jogja Bawen di atas Selokan Mataram juga sedang berlangsung, termasuk Elevated 1, Elevated 2, Elevated 3, dan Elevated 4, serta pembangunan Box Underpass, Box Culvert, Pekerjaan Badan Jalan (Common Borrow Material), dan Perbaikan Tanah (Stone Column).

Baca juga: Sinopsis Film Horor The Nun 2: Pertarungan Suster Irene Melawan Valak di Gereja Prancis

Dwi Winarsa mengungkapkan, “Rencananya dalam waktu dekat ini akan dilaksanakan pekerjaan pemasangan Erection Girder di STA 75+800 (Jembatan Kali Konteng), yang berlokasi di Kalurahan Tirtoadi, Kecamatan Mlati, Sleman.”

Sementara itu, terkait progres pembebasan lahan di Seksi 1, terdapat penambahan lahan di wilayah DIY untuk keperluan Jalan Tol Jogja – Bawen. Dari total 7 Desa yang terlibat, sudah dilakukan musyawarah penetapan bentuk ganti kerugian di 6 Desa. Di Seksi 6 SS Ambarawa–JC Bawen Provinsi Jawa Tengah, PT JJB telah berkoordinasi dengan Bupati Kabupaten Semarang untuk izin memulai konstruksi pada lahan milik Kabupaten Semarang.

Baca juga: Dosen UII Pimpin Kegiatan Pemberdayaan Peternak Sapi Perah di Sleman

Lebih lanjut, sebanyak 13 Bidang di Desa Kandangan sudah melakukan musyawarah dengan luasan mencapai 13.226 m2, dan saat ini menunggu hasil verifikasi dari Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) terkait bidang-bidang yang memenuhi syarat untuk dapat dibayarkan. Selain itu, untuk Desa Doplang, sudah dilakukan pembayaran uang ganti kerugian sebanyak 6 bidang dengan luasan 3.930 m2 dengan nilai mencapai Rp3.7 miliar.

Dwi Winarsa menegaskan bahwa target penyelesaian konstruksi Jalan Tol Jogja–Bawen Seksi 1 dan Seksi 6 tetap sesuai rencana.

Baca juga: Mengenal Harry Kane, Striker Pencetak Gol Legendaris Tanpa Gelar Juara

Dalam upaya pembebasan lahan untuk proyek pembangunan Jalan Tol Jogja-Bawen, PT JJB terus berkoordinasi dengan berbagai pihak, termasuk Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pengadaan Tanah Jalan Tol Yogyakarta-Bawen, Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, Badan Pertahanan Nasional Kantor Wilayah DIY dan Provinsi Jawa Tengah, serta Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), dan Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN).

Terimakasih telah membaca PT JBB Kebut Kontruksi Jembatan di Atas Selokan Mataram Untuk Tol Jogja-Bawen jangan lupa baca berita lainnya di Polithings.id atau bisa juga baca berita kami di Google News.

Baca juga: BP3MI Siap Fasilitasi Pemulangan Jenazah Pendekar PSHT Korban Tawuran di Taiwan

Avatar photo

polithings

Di Polithings, Anda dapat menemukan informasi yang akurat dan komprehensif tentang berbagai topik politik, kebijakan publik, ekonomi, dan bisnis.

Tags

Baca Juga

Tinggalkan komentar