Reaksi Ganjar terhadap Dampak Viralnya Salam 4 Jari di Media Sosial

Menghadapi Pemilihan Presiden 2024, masyarakat tanah air dihebohkan dengan munculnya gerakan politik yang unik, yaitu “Gerakan Empat Jari.” Gerakan ini telah tersebar luas di media

polithings

Ganjar Pranowo saat melakukan kampanye

Menghadapi Pemilihan Presiden 2024, masyarakat tanah air dihebohkan dengan munculnya gerakan politik yang unik, yaitu “Gerakan Empat Jari.” Gerakan ini telah tersebar luas di media sosial dan mengajak warga untuk memilih antara paslon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

Simbolisasi empat jari, yang melambangkan kekuatan politik baru untuk melawan dinasti politik, menjadi sorotan utama dalam perbincangan politik belakangan ini. Menanggapi fenomena ini, Ganjar Pranowo, paslon nomor urut 3, memberikan tanggapan dengan penuh keceriaan saat diwawancarai setelah kampanye akbar di Wates, Kulon Progo, pada Minggu (28/1/2024).

Dengan nada gurau, Ganjar berkata, “Emang ada empat jari? Itu kalau ditambah dua jadi enam jari ya?” Tanggapannya disambut dengan tawa hadirin. Meskipun belum mengetahui secara pasti tentang gerakan ini, Ganjar Pranowo mengatakan dengan bijak, “Belum saya. Kita tunggu dulu. Pemilihan masih pada tanggal 14 Februari. Setelah itu baru kita bisa bicara. Kita tidak akan terburu-buru.”

Ganjar Pranowo menambahkan, “Semangat dari masyarakat adalah bagian dari demokrasi, itu adalah ekspresi. Saya yakin tidak ada kekuatan apa pun yang bisa menghalangi apa yang diinginkan oleh rakyat.”

Menurut narasi yang beredar di media sosial, gerakan salam empat jari ini tidak hanya mengajak masyarakat untuk memilih paslon nomor urut 1 Anies-Cak Imin dan nomor urut 3 Ganjar-Mahfud, tetapi juga sebagai penolakan terhadap paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Netizen menyebutkan bahwa gerakan empat jari mencerminkan sila keempat yang berarti kerakyatan dipimpin oleh dan untuk rakyat melalui mufakat dan demokrasi. Selain itu, simbol empat jari juga digambarkan sebagai harapan untuk kekuatan politik baru yang melawan dominasi politik dinasti.

Terima kasih telah membaca artikel mengenai respon Ganjar terkait salam empat jari yang viral di media sosial. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca berita lainnya di Polithings.id atau dapat juga mengakses berita kami di Google News Headline dan ikuti berita terbaru di Chanel WA Headline.

Baca juga: Heboh! Wanita Hendak Melompat dari Jembatan Srandakan, Ini Penjelasan Polisi.

Avatar photo

polithings

Di Polithings, Anda dapat menemukan informasi yang akurat dan komprehensif tentang berbagai topik politik, kebijakan publik, ekonomi, dan bisnis.

Tags

Baca Juga

Tinggalkan komentar