Tom Lembong: Sosok yang Sering Dibicarakan oleh Gibran dalam Debat melawan Cak Imin

Polithings.id, Jakarta, 22 Januari 2024 – Debat Cawapres Minggu malam kemarin menjadi sorotan setelah Calon Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka menghadirkan sosok yang kerap disebutnya,

polithings

Thomas Trikasih Lembong

Polithings.id, Jakarta, 22 Januari 2024 – Debat Cawapres Minggu malam kemarin menjadi sorotan setelah Calon Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka menghadirkan sosok yang kerap disebutnya, yaitu Thomas Lembong atau Tom Lembong. Nama Tom Lembong muncul saat Gibran menyindir Cawapres kompetitornya, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, terkait pemahaman soal lithium ferrophosphate (LFP).

Gibran menilai Cak Imin tidak sepenuhnya memahami istilah LFP, yang sering diungkap oleh Tom Lembong sebagai Co-Captain Timnas Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN). Dalam acara Debat Pilpres keempat di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (21/1/2024), Gibran menyatakan, “Ini agak aneh ya yang sering ngomong LFP itu timsesnya, tapi cawapresnya nggak paham LFP itu apa. Kan aneh.”

“Saya nggak tahu pak Tom Lembong dan timsesnya sering nggak diskusi sama cawapresnya. Masak cawapresnya nggak paham, aneh lho,” tambahnya.

Jejak Karier Tom Lembong

Siapa sebenarnya Tom Lembong? Thomas Trikasih Lembong, akrab disapa Tom Lembong, merupakan tokoh ekonomi kawakan di Indonesia. Saat ini, Tom memimpin tim ekonomi pasangan calon presiden dan wakil presiden Anies-Cak Imin.

Tom Lembong bukanlah sosok baru dalam panggung perekonomian Indonesia. Pernah menduduki jabatan Menteri Perdagangan (Mendag) dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo, Tom telah memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan ekonomi tanah air.

Selain karirnya di pemerintahan, Tom memiliki jejak panjang di dunia perusahaan finansial. Sebagai CEO dan Managing Partner di perusahaan asuransi Quvat Capital, Tom telah membawa perusahaannya meraih kesuksesan. Pengalamannya juga mencakup kerja di Deutsche Bank, Morgan Stanley, Farindo Investments, dan peran sebagai Kepala Divisi dan Senior VP di Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) selama dua tahun.

Pada masa pemerintahan Anies sebagai Gubernur DKI Jakarta, Tom Lembong pernah menjabat sebagai Komisaris Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk (PJAA). Ia juga turut bertanggung jawab dalam mengelola aset para obligator Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) pada saat restrukturisasi aset Sinar Mas pada tahun 2001.

Pengakuan Internasional dan Peran di Timnas AMIN

Tom Lembong bukan hanya dikenal di tingkat nasional, tapi juga di level internasional. Pada tahun 2008, ia dinobatkan sebagai Young Global Leader (YGL) di World Economic Forum (Davos), menunjukkan pengakuan atas kontribusinya dalam dunia ekonomi global.

Saat ini, Tom Lembong menjabat sebagai Co-Captain di Timnas AMIN, yang merupakan tim ekonomi dari pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. Perannya sebagai Co-Captain menegaskan keterlibatannya dalam merumuskan kebijakan ekonomi untuk mendukung visi dan misi pasangan calon tersebut.

Dengan latar belakang dan pengalaman yang begitu kaya, Tom Lembong menjadi salah satu sosok kunci dalam mendukung perjalanan Anies-Cak Imin dalam Pilpres 2024. Sehingga, setiap rujukan Gibran terhadap Tom Lembong semakin menarik perhatian publik terhadap peran dan kontribusi sosok ini dalam dunia politik dan ekonomi Indonesia.

Terimakasih telah membaca Siapa Tom Lembong, Sosok yang Kerap Disebut Gibran Saat Debat dengan Cak Imin semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa baca berita lainnya di Polithings.id atau bisa juga baca berita kami di Google News Headline dan ikuti berita terbaru di Chanel WA Headline.

Baca juga: Warga Bantul Tewas Tersengat Listrik Saat Potong Bambu

Avatar photo

polithings

Di Polithings, Anda dapat menemukan informasi yang akurat dan komprehensif tentang berbagai topik politik, kebijakan publik, ekonomi, dan bisnis.

Tags

Baca Juga

Tinggalkan komentar